Minggu, 19 Agustus 2018

12 Peluang Karir Lulusan Teknik Informatika

Tags

Ini dia pelunga karir di bidang IT bagi kamu yang baru lulus atau mau terjun di dunia IT, berikut 12 peluang IT yang paling menarik dan beberapa yang ada saat ini.

1. Programmer

Profesi ini paling cocok kamu jalani karena sesuai dengan ilmu yang didapatkan pada masa kuliah. Sebagai programmer, kamu akan membuat program perangkat lunak memudahkan fungsi-fungsi tertentu. Bidang progammer sangat luas, lho. Kamu bisa menjadi seorang programmer di dunia industri, pertelevisian, media, perbankan, instansi pemerintah, bisnis, dan masih banyak lagi.

2. Desainer Web
Peluang usaha lulusan teknik informatika yang bisa digeluti adalah desainer website. Tidak hanya jurusan manajemen informatika saja yang bisa menggeluti bisnis ¡ni namun jurusan TI mi pun bisa menggeluti desain website. Hal itu dikarenakan maten desain website ¡ni diberikan kepada semua prodi. Desainer website bertugas untuk merancang dan membuat tampilan website menjadi menarik atau eye catching. Website tanpa desain akan membuatnya tidak rapi dan membuat pengunjung kesulitan dalam melakukan navigasi saat menjelajahi website tersebut. Untuk bisa menjadi seorang desainer website yang berkualitas atau profesionalharus bisa menguasai minimal Dreamweaver.

3. Pengembang Game
Untuk kamu tertarik dengan game dan memiliki keahlian computer grafis, profesi game developer bisa jadi pilihan, nih. Karena kebutuhan masyarakat akan hiburan tidak pernah surut, profesi ini pun jadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Bingung mau jadi game developer dimana? Di Indonesia sudah banyak perusahaan game ternama yang mendirikan cabang dan membutuhkan keahlian kamu.  Namun ada juga orang yang sukses dan mendapatkan keuntungan lumayan dan profesinya pembuat game. Developer game tersebut banyak yang mengupload aplikasinya ke Play Store kemudían mendapatkan penghasilan dan situ. Untuk bisa membuat game yang berkualitas lulusan TI bisa memanfaatkan Corona yang sudah banyak digunakan oleh developer untuk membuat game. Game berbasis Android pun banyak yang menggunakan software satu ini. Yang menggunakan Corona untuk membuat game berbasis Android sebanyak 150 ribu lebih developer. Corona ini menggunakan bahasa pemrograman Lua. Bagi yang memiliki latar belakang IT pun akan mudah menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

4. Desain Grafis
Lulusan TI pun bisa menjadi seorang desainer grafìs. hal itu dikarenakan mata kuliah ini juga diajarkan selama di bangku kuliah. Desain grafis ¡ni digunakan dalam berbagai aspek misalnya adalah pencetakan kartu nama, banner, brosur, pamfiet. dan lain sebagainya. Yang bisa menggeluti bisnis ¡ni adalah lulusan TI yang jago mengoperasikan Corel Draw atau Photoshop.

5. Start Up
Peluang usaha lulusan teknik informatika yang menjanjikan adalah menjadi pengusaha start up. Banyak lulusan IT yang sukses berkat menggeluti bisnis start up ini. Start up saat ini yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia adalah Go-JEK. Traveloka, Tokopedia, dan masih banyak lagi lainnya. Kini kehidupan rnanusia menjadi lebih mudah berkat hadimya start up tersebut.

6. Software Engineer
 
Suka menciptakan hal baru? Cobalah profesi software engineer. Seorang software engineer bertugas mengembangkan perangkat lunak dengan tujuan tertentu. Tergantung dengan klien yang bekerjasama denganmu, kamu bisa mengembangkan software untuk pendidikan, bisnis, atau bahkan hiburan seperti games.

7. IT Consultant
 
Lulusan TI dianggap memiliki pemahaman lebih mengenai teori teknologi, bahasa pemograman, serta keahlian menciptakan program berbasis komputer yang lebih efektif. Pemahaman dan keahlian ini bisa menjadikan kamu seorang konsultan IT. Kamu bisa menerapkan ilmu kamu mulai untuk merencanakan hingga evaluasi penerapan teknologi. Hampir semua perusahaan yang berusaha mengikuti perkembangan zaman akan membutuhkan seorang konsultan IT.

8. Web Engineer atau Administrator
 
Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi yang sudah digunakan oleh ratusan perusahaan adalah dengan memiliki website resmi. Karena menciptakan website yang menarik cukup sulit, perusahaan pun perlu bekerjasama dengan seorang web engineer dan web administrator. Untuk bisa membuat sebuah website, kamu harus menguasai teori pemprograman secara mendalam. Salah satu tugas web enginner dan web administrator adalah merancang website lengkap dengan domain, fitur, fasilitas dan layanan yang diberikan. Di samping itu, kamu juga akan bertanggungjawab pada pemeliharaan dan pengembangannya.

9. System Analyst
 
Lulusan TI juga bisa berkarier sebagai system analys. Sesuai dengan Namanya, seorang system analyst bertugas melakukan analisis sistem atau program berbasis teknologi dan informasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi tertentu. Tidak hanya menganalisa, kamu juga harus menemukan solusi untuk mengatasai permasalahan yang muncul. Solusinya tentu saja berhubungan dengan teknologi atau pemanfaatan software.

10. Database Engineer/Database Administrator 
Jika web engineer bertugas merancang dan mengembangkan website, sebagai database engineer atau administrator lebih fokus pada pengembangan data perusahaan. Kamu haru merancang dan memelihara data tersebut sebaik mungkin agar tertata rapi, serta mencegah kehilangan ataupun pencurian data.

11. Software Tester

Untuk mengikuti perkembangan zaman, sekarang ini hampir semua perusahaan mulai meluncurkan software dan aplikasi. Kebanyakan dari mereka mengadakan pengujian software sebelum diluncurkan untuk memastikan software ini berjalan dengan baik. Di sinilah kamu dibutuhkan. Kamu akan bertanggung jawab atas kesesuaian fungsi software yang diciptakan. Biasanya, para perusahaan mencari kandidat dengan ketelitian tinggi untuk mengisi posisi software tester.

12. Computer Network/Data Communication Engineer
 
Profesi lain yang bisa kamu pilih adalah computer network. Tugasmu adalah merancang, membangun, dan mengelola network atau jaringan untuk perusahaan.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon